Pages

Analisis Job Enrichment pada Pemimpin Perusahaan

Minggu, 10 Januari 2016


Oleh : Kelompok 6 3PA07
Psikologi Konsumen

ANALISIS

Dari beberapa definisi yang ada, job enrichment merupakan penambahan pekerjaan guna meningkatkan kewenangan untuk mengendalikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari kerjanya. Job enrichment memberikan karyawan kesempatan untuk mengambil kontrol yang lebih besar atas bagaimana untuk melakukan pekerjaan.
Dalam hasil wawancara dengan seorang subjek yang memiliki sebuah perusahaan travel, subjek menjelaskan bagaimana job enrichment yang ia terapkan. Bagi subjek penambahan kerja dalam  job enrichment akan menambah beban, bobot, dan juga menambah skill untuk karyawan. Subjek bertanggung jawab penuh atas apa yang karyawan kerjakan dan selalu mengawasi bagaimana karyawan melakukan pekerjaannya. Subjek mengevaluasi hasil pekerjaan, memberikan pendidikan tambahan untuk pengembangan sumber daya manusia merupakan bentuk dari tanggung jawabnya sebagai pemimpin.
Subjek memberikan kesempatan untuk mengambil keputusan sesuai dengan kemampuan karyawan dan jabatan karyawan. Adanya lingkungan kerja yang baik, adanya reward and punishment, menurut subjek memicu motivasi karyawan. Sedangkan subjek termotivasi dari pekerjaan diri sendiri dan lingkungan kerja. Subjek mulai memotivasi karyawan saat keadaan kinerja karyawan sudah tidak nyaman dan berada di bawah standar yang telah di tetapkan. Subjek memberikan tugas tambahan untuk memperkaya perusahaan sesuai dengan batas kemampuan masing-masing karyawan.
Bagi subjek, perluasan mempunyai dampak besar jika memang diterapkan sesuai dengan kapasitas dan kemampuan, termasuk penempatan karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS